Monday, May 30, 2011

Shio Anjing



A. Karakter dan Sifat Dasar

Shio Anjing paling disenangi dalam horoskop Cina. Ia sosok yang setia, jujur, pintar, adil, ramah dan tulus. Ia memiliki semangat untuk maju, terus belajar, dan mengamati tanpa kenal lelah. Ia taat peraturan, patuh hukum, dan giat bekerja. Shio Anjing tidak pernah melanggar hukum. Ia realistis, tak menerima sikap romantisme, dan melankolis. Tidak pernah berkhayal berlebihan. Ia tak akan melepaskan merpati di tangan hanya demi khayalan bisa menangkap punai yang terbang tinggi.
Merasa puas meski hidup biasa-biasa saja bersama keluarga kecil yang hangat dan bahagia. Sedikitpun tidak tersentuh dengan kejahatan dan keburukan duniawi. Shio Anjing tidak materialistis dan tak senang kemegahan. Ia lebih menyukai kesederhanaan dan tidak begitu memedulikan uang. Namun, kalau butuh uang, ia akan mengejarnya. Ia juga sosok yang dermawan, suka memerhatikan dan membantu orang lain, menegakkan kebenaran, dan membela orang-rang lemah yang diperlakukan tak adil. Ia tidak ragu menolong, ikhlas, dan tanpa memikirkan untung-rugi. Ia adalah hakim alamiah yang sangat objektif. Anjing adalah sahabat paling setia.
Shio Anjing penuh percaya diri, optimis, dan riang. Namun, sebenarnya, di dalam hati selalu ada sedikit rasa was-was. Selalu sedih dan pesimis terhadap perkembangan dunia yang dilanda krisis dan bencana. Ia merasa gelisah berlebihan, mengkhawatirkan langit akan runtuh mengubur bumi karena tingkah manusia yang banyak berbuat dosa.
Shio Anjing berwatak jujur, cerdas, terus terang, setia, adil, dan fair play. Sikap yang ramah dan rendah hati, bisa menempatkan diri dalam pergaulan dan membuatnya tak banyak menuntut. Ia menganggap semua orang sama, selalu bersedia mendengarkan alasan orang dan bisa dipercayai. Ia biasanya tidak tega mengabaikan orang lain yang memohon pertolongan. Ia akan mengutamakan kepentingan orang lain daripada kepentingannya sendiri. Kalau ada orang yang sudi menolong sampai sepuluh kali pada orang yang sama, sangat mungkin orang itu bershio Anjing. Kadang, ia bersikukuh pada orang yang dikasihinya, tak peduli betapa tidak berharganya orang itu. Shio Anjing juga bukan pemarah. Namun kalau sampai ia marah, tanpa peringatan tiba-tiba muncul, tetapi kemarahannya akan segera mereda. Setelah itu, Shio Anjing akan segera berbaikan walaupun bukan dirinya yang bersalah atau memulai pertengkaran. Ia bisa berdamai dan akrab lagi seolah tak pernah terjadi apa-apa.
Anjing tak gampang percaya pada orang, tetapi ia selalu berusaha mencari teman yang terbaik. Sekali berhasil memperoleh kesetiaannya, ia akan percaya penuh. Cobalah mengkritik orang dekatnya, justru dialah yang akan menangkis kritik itu dengan ketus. Shio Anjing juga tabah menanggung penderitaan sampai menjadi tak berdaya. Ia sungguh-sungguh berharap dunia ini bisa menjadi lebih baik.
Warga Shio Anjing yang lahir malam hari lebih agresif dan lebih cepat naik darah dibandingkan mereka yang lahir pada siang hari.
Shio Anjing yang dilahirkan antara pukul 23.00-01.00 sosok yang penuh kasih sayang, tidak terlalu dermawan, dan suka mengukur segala sesuatu dengan materi. Shio Anjing yang dilahirkan antara 01.00-03.00 sosok yang agak kasar, jujur, konservatif, dan ketus. Shio Anjing yang dilahirkan antara pukul 03.00-05.00 sosok yang sangat aktif, berani, tak kenal lelah, tidak sabaran, kritis, cepat terangsang, dan penuh nafsu. Shio Anjing yang dilahirkan antara pukul 05.00-07.00 sosok yang suka hidup damai dengan siapa saja, periang, dan “tak suka memamerkan taringnya”. Shio Anjing yang dilahirkan antara pukul 07.00-09.00 sosok yang idealis, pekerja ulet, dan memiliki bakat religius yang baik (mampu menjadi ustad, penginjil, atau ahli kitab). Shio Anjing yang dilahirkan antara pukul 09.00-11.00 sosok yang pendiam, senang merenung, cerdas, memiliki intelektual yang bagus, dan suka merasa pintar sendiri. Shio Anjing yang dilahirkan antara pukul 11.00-13.00 sosok yang agak ketus, periang, reaksinya cepat, cocok dijadikan teman akrab, dan sulit dipaksa atau dipengaruhi. Shio Anjing yang dilahirkan antara pukul 13.00-15.00 sosok yang lembut, senang bicara, simpatik, agak pesimis, dan fair play. Shio Anjing yang dilahirkan antara pukul 15.00-17.00 sosok yang tak pernah habis akal, lucu, lihai, banyak lagak, dan periang. Shio Anjing yang dilahirkan antara pukul 17.00-19.00 sosok yang gemar menasihati orang, tetapi ia sendiri tidak pernah mempraktikkan nasihat itu alias omdo (omong doang). Shio Anjing yang dilahirkan antara pukul 19.00-21.00 sosok yang siap membela diri dan selalu waspada, tak hentinya menelusuri kebenaran, terbuka, jujur, dan berjiwa revolusioner. Shio Anjing yang dilahirkan antara 21.00-23.00 sosok yang tegap, punya daya tarik kuat, dan emosional.

B. Teori Dasar Lima Unsur Shio Anjing

Berdasarkan teori lima unsur, terdapat lima macam Shio Anjing, yaitu Shio Anjing Logam, Anjing Kayu, Anjing Air, Anjing Api, dan Anjing Tanah.

a. Shio Anjing Logam

Shio Anjing Logam umumnya berkeyakinan kuat dan kritis. Prinsip pribadinya nomor satu dan tak segan mengabdi pada apa yang dianggapnya berharga. Ia berbudi luhur dan berhati lembut, tetapi kalau marah bisa kejam dan tak akan ragu menghancurkan musuh-musuhnya. Unsur logam sebagai unsur dasar dirinya akan menjadi logam ganda yang amat ditakuti. Orang Tibet menyebut kombinasi ini sebagai ”Anjing Besi”. Biasanya, tahun Anjing Besi bisa menjadi tahun yang baik sekali atau jelek sekali, tergantung apakah dia memilih arah negatif atau positif. Shio Anjing Logam disiplin dan serius, apalagi menyangkut masalah asmara atau tanah airnya. Kesetiaannya tak diragukan dan pandangan politiknya keras. Sikapnya selalu pasti berdiri pada satu pihak dengan setia sampai mati. Ia benci ketidakadilan dan permainan kotor, tetapi sangat enteng untuk memaksa orang lain menuruti pandangannya.

b. Shio Anjing Air

Shio Anjing Air suka mengandalkan intuisi dan sulit diatur. Ia simpatik terhadap pandangan orang, demokratis, dan berkepribadian menyenangkan. Ia santai, cenderung lembek terhadap diri sendiri maupun orang lain, menuruti kata hatinya untuk bertualang, dan foya-foya. Ia sanggup mengekang emosinya, tampil kalem, dan menarik. Shio Anjing Air penasihat yang baik, hakim yang adil, dan pelaksana yang berpegang pada peraturan. Ia bisa mengekspresikan diri sendiri dan menerapkan pendekatan psikologis yang sulit ditolak. Ia juga ditakdirkan selalu dikelilingi banyak kawan. Ia sendiri juga kerap diminta menemani orang.

c. Shio Anjing Kayu

Shio Anjing Kayu sosok yang memikat, baik hati, kalem, dan tulus. Ia selalu waspada terhadap orang tak dikenal, tetapi mampu mengikat hubungan akrab dengan keluarga dan sahabat yang dicintainya. Ia sosok yang jujur, tenggang rasa, menyenangkan, dan selalu berusaha mengembangkan diri. Selain itu, ia juga cenderung gemar mencari pertumbuhan, keseimbangan, dan keindahan lingkungannya. Kayu membuatnya stabil dan murah hati. Ia senang uang dan kesuksesan, tetapi enggan pada materi berlebihan. Shio Anjing Kayu halus budi, tetapi tegas, enerjik, dan kooperatif. Ia senang bergabung dengan pihak yang lebih kuat. Pada dasarnya dia berorientasi pada kelompok. Ia sesekali bisa mundur hanya karena tidak mendapat persetujuan dan dukungan dari yang lain.

d. Shio Anjing Api

Shio Anjing Api sosok yang dramatis, menawan, ramah, dan berpotensi menjadi sangat populer di kalangan lawan jenisnya. Ia tak mau melakukan hal yang berlawanan dengan keinginannya. Ia bisa menjadi napas kehidupan suatu kelompok gemar berkhotbah, dan telaten mempraktikkan apa yang telah dikhotbahkannya. Kontrol dirinya hebat, ia tidak mau dihanyutkan kesuksesan dan nasib baik. Unsur Api membuatnya ganas, kreatif, dan blak-blakan dalam mengekspresikan diri. Dia periang, yakin diri, punya daya tarik seperti magnet, dan dapat meyakinkan orang lain untuk mengikuti arahannya. Semangatnya yang cinta kebebasan selalu membuatnya tergetar oleh pengalaman dan petualangan baru. Namun, ia masih buth panutan. Ia berhubungan lebih baik dengan orang yang lebih tua.

e. Shio Anjing Tanah

Shio Anjing Tanah sosok yang pendiam, baik hati, dan penuh rahasia. Ia bisa mengilhami orang lain dan memerintah dengan bijak, berpikir efisien, dan konstruktif. Ia biasa bergerak perlahan dengan niat yang luhur, setia pada keyakinannya, tetapi patuh pada peraturan mayoritas, waspada, dan berhati-hati. Ia menghargai uang dan kekuasaan secara selayaknya, juga berpegang pada nilai-nilai tertentu yang tak pernah dikhianatinya. Standar moral dan idealismenya tinggi sering membuatnya terjebak untuk bertindak berlebihan menuntut pengabdian dan kesetiaan yang agak di atas rata-rata. Ia pejuang yang gigih, praktis, dan kurang sentimentil. Shio Anjing Tanah realistis, bisa menilai diri sendiri, dan tak ragu berbicara dari lubuk hatinya. Ia tak akan menyia-nyiakan kekuasaannya dan tak keberatan membagi tanggung jawab. Ia sportif, tak pernah tertekan hanya karena kalah, dan tak pernah terlalu bangga karena menang.

No comments:

Post a Comment