Monday, May 30, 2011

Shio Kerbau


A. Karakter dan Sifat Dasar
Pribadi Shio Kerbau ibarat text book, yaitu sangat mudah ditebak. Atas dasar itu, Shio Kerbau sering dikatakan “kurang imajinatif”. Shio Kerbau adalah gambaran kekokohan, stabilitas, konsistensi, konvensional, patuh pada aturan, dan mapan. Shio Kerbau jujur tanpa pamrih, rajin, dan tenang seakan tanpa ekspresi menghadapi semua hal. Gerakannya lamban, tetapi bertenaga. Shio Kerbau berwawasan luas dan bisa menjadi seorang pendengar yang baik, tetapi sulit mengubah pendapatnya. Shio Kerbau terkesan sangat keras kepala dan cenderung berprasangka buruk. Shio Kerbau memahami segala kewajibannya dan percaya bahwa hanya dengan bekerja keras ia akan mencapai sebuah kesuksesan. Ia tidak percaya bahwa kesulitan bisa terurai hanya dengan menunggu nasih baik. Namun, hanya dengan tindakan nyata yang mampu mengubah keadaan, bukan nasib.
Sekali mengucapkan janji, Shio Kerbau pantang mengingkarinya. Opini publik tak banyak berarti baginya. Ia akan mengerjakan tugas yang sedang digarapnya dengan sepenuh hati sampai tuntas. Ia memiliki kesabaran yang tinggi, pekerja keras, dan tidak pernah bosan dengan rutinitas yang menjemukan.
Penampilannya rapi dan bersahaja, akalnya tajam, dan keras hati. Kecerdasan dan kecakapannya tersembunyi di balik penampilannya yang dingin dan pendiam. Sebenarnya, pemilik Shio Kerbau adalah orang yang introvert (berpikir ke dalam dirinya), tetapi mampu menjadi pembicara yang fasih dan bernada memerintah. Rasa percaya dirinya yang tinggi mampu membuatnya berjalan dengan kepala tegak. Karakternya cocok sebagai pemimpin yang bertanggung jawab, tetapi tidak cocok berhubungan dengan orang banyak. Ia mampu menyusun urutan prioritas secara jelas, mana prioritas penting dan mana prioritas berikutnya. Ia terbiasa mengerjakan hal yang penting terlebih dahulu daripada hal tambahan. Dan, ia selalu patuh pada prinsip priorias yang telah ditetapkannya. Ia menerapkan pemikiran berdasarkan logika, tetap cermat, dan teliti walaupun terganggu dengan urusan lainnya. Ia tidak mengenal adanya inovasi atau manuver dalam hal pekerjaan. Keluhuran budi dan moralnya yang tinggi akan mencegahnya untuk menghalalkan segala cara dalam mencapai tujuan. Hal inilah yang bisa dianggap sebagai kekuatan, sekaligus kelemahan pemilik Shio Kerbau. Ia selalu menuntut kesempurnaan dan tidak ada kata toleransi sekalipun kepada orang-orang terdekatnya. Ibarat “mencari tulang di dalam telur”, Shio Kerbau selalu terpancing untuk mencari kesalahan orang lain.
Ketika kepentok dengan urusan asmara, seringkali Shio Kerbau akan menjadi gagu. Ia sangat tidak paham dengan rayuan cinta yang mendayu-dayu perlu ada upaya keras untuk membangkitkan rasa romantisme pada diri Shio Kerbau. Butuh waktu baginya untuk mengembangkan hubungan yang intim atau mengungkapkan perasaan kepada orang yang dicitainya. Namun, rasa cinta atau benci akan tergambar jelas dari sorot matanya yang tajam. Shio Kerbau yang cenderung tradisional membutuhkan waktu yang lama untuk membina hubungan yang serius. Laki-laki Shio Kerbau adalah tipe petarung atau ksatria sejati, tetapi sekejap akan menjadi gagu dan (maaf) tampang bego ketika akan menyatakan perasaannya kepada kekasihnya. Shio Kerbau bukan tipe pacar ideal, tetapi sangat cocok menjadi suami idaman yang setia dan penuh tanggung jawab.
Ia tidak bisa menyembunyikan rasa tidak suka kepada seseorang. Baginya, “Tidak suka, ya tidak suka!”. Meski demikian, apabila orang yang tidak disukainya mengalami kesulitan (apalagi temannya sendiri), secara spontan ia akan menjadi orang pertama yang akan menolongnya. Walaupun ia mengetahui bahwa orang yang akan ditolongnya itu tidak akan pernah menghargai bantuannya.
Lagak-laguk Shio Kerbau seperti pepatah “alon-alon asal kelakon”. Reaksinya sangat pelan, bahkan terkesan lamban. Ekspresinya yang dingin melahirkan kesan misterius. Padahal hatinya semurni emas. Kalau amarah Shio Kerbau memuncak, tidak ada satu pun orang yang bisa mendekatinya, sekalipun kekasihnya. Ia sosok yang tidak mudah dibujuk dan pikirannya cenderung sempit (picik). Sifatnya kurang taktis dan terlalu militan. Dalam situasi sulit sekalipun, Shio Kerbau enggan meminta bantuan kepada orang lain.
Shio Kerbau yang lahir pada siang hari akan lebih agresif dan aktif dibandingkan Shio Kerbau yang lahir pada malam hari. Shio Kerbau yang dilahirkan antara pukul 23.00-01.00 cenderung berperasaan halus, lebih supel, komunikatif, tidak pelit (tetapi selalu perhitungan pada pengeluarannya), tidak mudah melupakan rasa kecewanya, dan agak pendendam. Shio Kerbau yang dilahirkan antara 01.00-03.00 memiliki sifat yang sangat disiplin. Siapa saja yang melanggar aturan “satu inci saja”, ia akan segera memperingatkan. Selain itu, ia memiliki kontrol diri dan dedikasi yang sangat tinggi. Shio Kerbau yang dilahirkan antara pukul 03.00-05.00 cenderung lincah dan tegas, tetapi agak berangasan. Shio Kerbau yang dilahirkan antara pukul 05.00-07.00 cenderung teguh pendirian, konsisten, diplomatis, dan bijak. Selain itu, ia memiliki perasaan yang halus, suka mengumpulkan benda seni atau barang antik, dan sangat membenci pekerjaan yang melelahkan. Shio Kerbau yang dilahirkan antara pukul 07.00-09.00 cenderung memiliki potensi besar untuk mencapai segala ambisinya. Sayangnya, ia kurang fleksibel dan agak menentang aturan. Shio Kerbau yang dilahirkan antara pukul 09.00-11.00 relatif agak misterius, sulit dinasihati, suka menyendiri, dan sifatnya agak licik. Shio Kerbau yang dilahirkan antara pukul 11.00-13.00 cenderung periang, penuh gaya, suka dugem, dan gila pesta. Shio Kerbau yang dilahirkan antara pukul 13.00-15.00 cenderung memiliki hati yang lemah lembut, toleran, mau menerima pendapat orang lain, menyukai hal-hal artistik, berjiwa bisnis, dan mampu memanfaatkan bakatnya secara tepat. Shio Kerbau yang dilahirkan antara pukul 15.00-17.00 cenderung cerdik, jenaka, dan kurang serius menjalani hidup. Shio Kerbau yang dilahirkan antara pukul 17.00-19.00 cenderung dinamis, bertanggung jawab, lebih memilih jalan diplomasi daripada konfrontasi, dan memiliki perangai campuran antara seorang tentara dan pendeta.  Shio Kerbau yang dilahirkan antara pukul 19.00-21.00 cenderung moralis sejati yang membosankan, mau mendengarkan pendapat orang lain, dan tidak suka berprasangka buruk. Shio Kerbau yang dilahirkan antara 21.00-23.00 tergolong orang yang penuh kasih sayang dan giat bekerja, tetapi suka menuntut dan cenderung konservatif.
B. Teori Dasar Lima Unsur Shio Kerbau
Berdasarkan teori lima unsur, terdapat lima macam Shio Kerbau, yaitu Shio Kerbau Logam, Kerbau Kayu, Kerbau Air, Kerbau Api, dan Kerbau Tanah.
a. Shio Kerbau Logam
Shio Kerbau Logam seringkali punya kemauan yang bertentangan dengan orang banyak. Ia mengekspresikan perasaannya dengan jelas, tegas, penuh keyakinan, dan tidak pernah ragu pada sesuatu hal yang diinginkannya. Ia berpegang teguh pada pendapatnya, apa pun risikonya. Pembawaannya memang kurang mesra dan relatif pendiam, tetapi ia termasuk orang yang intelek, suka musik, dan seni klasik. Ia cenderung memaksakan keinginannya. Ia dapat menjadi seorang yang sangat fanatik pada sebuah aturan. Sikapnya yang keras dan angkuh membuatnya tidak kenal dengan kata ‘Gagal’. Stamina tubuhnya pun sangat mengagumkan. Ia sanggup mengerjakan sesuatu hal sampai ‘siang-malam’ asalkan pekerjaan tersebut selesai tepat waktu. Ia pun tergolong pendendam ketika keinginannya tidak terpenuhi atau ada seseorang yang merintangi hidupnya.
b. Shio Kerbau Air
Shio Kerbau Air cenderung bersifat realistis daripada idealis. Ia tergolong orang yang penyabar, praktis, dan efisien, tetapi sangat berambisi mendapatkan keinginannya. Ia memiliki ketajaman dalam menilai atau menempatkan segala sesuatu pada proporsinya. Shio Kerbau Air sangat menghargai waktu. Ia juga memiliki sikap yang lebih luwes dan terbuka dibandingkan dengan Shio Kerbau unsur lainnya. Meski tidak menyetujui sebuah metode baru, ia tidak keberatan untuk mengikuti atau sekadar mencoba metode tersebut. Ia bisa bekerja sama tanpa kesulitan, asalkan rekan kerjanya tidak terlalu banyak menuntut. Ia mampu memusatkan perhatian lebih dari satu tujuan sekaligus. Shio Kerbau Air termasuk pribadi yang sabar, tenang, dan berkemauan keras.
c. Shio Kerbau Kayu
Shio Kerbau Kayu cenderung fleksibel dan tepo seliro. Reaksinya lebih cepat dibandingkan Shio Kerbau unsur lainnya. Ia bisa sopan dalam pergaulan dan segala kondisi. Ia sosok yang menjunjung tinggi keadilan dan sangat objektif menilai sesuatu. Meski terlihat luwes, mau menerima pandangan baru, dan progresif, tetapi sebenarnya seorang yang berpikiran konservatif sehingga ia pun rela mengalah demi sebuah kebersamaan.
d. Shio Kerbau Api
Shio Kerbau Api sangat mudah dibakar rasa amarah. Ia sangat bernafsu meraih kekuasaan dan kemasyuran. Ia memiliki kontrol diri yang hebat, tetapi cenderung temperamental. Ia lebih kuat dan angkuh dibandingkan Shio Kerbau unsur lainnya, kecuali Shio Kerbau Logam. Ia cukup materialistis, superior, dan cenderung meremehkan orang lain. Ia termasuk sosok yang objektif, terus-terang, dan bicara blak-blakan, tetapi bisa bersikap sangat kasar kepada orang yang menentangnya. Unsur Api di dalam dirinya dapat mengubahnya menjadi seorang militan. Ia cenderung terlalu tinggi menilai kemampuannya dan acap kali tidak sabaran. Kadang-kadang, ia tak mau bertenggang rasa terhadap orang lain walaupun sebenarnya ia termasuk orang yang jujur, adil, dan tak suka mengambil keuntungan dari orang lain. Ia bisa menjadi orang yang sangat protektif, terutama untuk sesuatu yang dicintainya.
e. Shio Kerbau Tanah
Shio Kerbau Tanah cenderung tahan banting dan memiliki rasa kesetiaan yang tinggi, tetapi kurang kreatif dibandingkan dengan Shio Kerbau unsur lainnya. Ia tahu batas kemampuannya dan menyadari kekurangannya. Ia termasuk orang yang praktis, giat, dan bersedia melakukan apa pun saja untuk mencapai kesuksesan. Ia lebih menyukai usaha praktis dan bermutu. Ia mencari ketentraman dan kemapanan dalam hidup sehingga membuatnya tidak segan-segan untuk giat bekerja. Ia sanggup memperlihatkan kasih sayangnya yang tulus, setia, dan terus terikat pada seseorang yang dicintainnya. Dan, itu hampir serupa dengan rasa kesetiaannya dalam memegang prinsip hidupnya. Ia tergolong individu yang tabah dan sanggup menanggung penderitaan tanpa rasa mengeluh. Reaksi Shio Kerbau Tanah relatif lebih lamban dibandingkan Shio Kerbau unsur lainnya, tetapi justru ia yang paling mantap di antara Shio Kerbau unsur lainnya.

No comments:

Post a Comment